Google mengupdate Blogger Template HTML Editor dengan Fitur-fitur yang ada diantaranya : penomoran baris (line numbering), Penanda sintaks (syntax highlighting), auto-indentation, jump to widget, code folding dan easy search and replace text/code

Google mengupdate Blogger Template HTML Editor - MKR site | Berbagi Tanpa Batas, Blogger Tips, Widget, Template

Google mengupdate Blogger Template HTML Editor dengan Fitur-fitur yang ada diantaranya : penomoran baris (line numbering), Penanda sintaks (syntax highlighting), auto-indentation, jump to widget, code folding dan easy search and replace text/code

Google mengupdate Blogger Template HTML Editor

Google mengupdate Blogger Template HTML Editor

Bagi kalian yang gemar dalam mengutak-atik template blogger ini merupakan berita yang bagus bagi kalian. Baru-baru ini google mengupdate/meningkatkan fungsi dari HTML editor yang ada pada bagian template.
Seperti apa yang ditulis pada Blogger Buzz bahwa peningkatan fungsi ini untuk kalian para pengembang web (pembuat template) ataupun yang senang dalam merubah-rubah tampilan blog dengan menggunakan HTML, Javascript dan CSS.
Tambahan fitur yang ada pada editor HTML baru ini dapat mempermudah dalam pengeditan template yang dilakukan oleh pengguna blogger.
Fitur-fitur yang ada diantaranya : penomoran baris (line numbering), Penanda sintaks (syntax highlighting), auto-indentation dan code folding.
Berikut ini sedikit gambaran tampilan dari Editor HTML yang baru pada blogger:

Tampilan Template HTML Editor Blogger Tampilan Template HTML Editor Blogger

Jump to widget Jump to widget (untuk memudahkan dalam pencarian widget blogger)

Code folding Code folding (untuk menggumpulkan/menyembunyikan satu kelompok kode)

Preview Template Preview Template (Melihat tampilan blog sebelum template disimpan)

Selain fitur diatas ada juga fitur untuk mencari kata/kode tertentu yang ada pada template yaitu dengan menekan Ctrl+F. Atau jika ingin menggantinya dengan kata/kode yang baru dengan cara Ctrl+Shift+F.
Nah dengan semakin banyaknya fitur baru yang ada pada blogger ini mungkin menjadi salah satu bukti keseriusan google agar dapat menjadi nomor satu dalam penggunaan blog di dunia. Serta membuat para pengembang web khususnya platform blogger dapat lebih dimudahkan sehingga kreatifitas mereka dalam membuat template blogger semakin bertambah.
Sekian.
Satank Mkr Beri Komentar
Bagikan kepada teman!
Garis

55 comments:

  1. hahhahaha sama kejadian juga, tapi yng sekarang lebih rumit @-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirain cm ane yang bgitu..... betul, jd agak rumit.
      perlu adaptasi lg :)

      Hapus
    2. klo menurut saya sih jauh lebih mudah..
      apalagi ada syntax highlighting..
      jadi tidak harus menggunakan Notepad++ lagi..

      Hapus
    3. gue aja kageet liat tampilan pertamanya :o
      tapi lebih memudahkan cara dalam mengedit template karna dgn adanya no kerangka template yg di sematkan. (f)
      hebaat blogger. :p

      Hapus
    4. Iya sih betul juga, ada syntax highliternya, bisa langsung melompat ke kode gadget, sama kode yng panjang diubah lebih pendek. :p

      Hapus
    5. Yuupps Menurut ane jauh lebih mempermdah kita dalam ngedit template ... =p~

      Hapus
  2. Blog saya jadi berantakan....
    Tapi kok kalau saya mau cari sesuatu sudah tidak bisa pakai tombol F3 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa nih... :d
      Tapi kenapa ya kok kalau saya edit tampilan Template suka muncul yang aneh-aneh? Maksud saya muncul kotak peringatan yang tertulis seperti ini "Kesalahan saat mengurai XML, baris 5227, kolom 5: The element type "div" must be terminated by the matching end-tag " dan memang langsung ditunjukan letaknya, tapi tidak ada kode div ditempat itu...

      Font Blog saya juga jadi kacau nih gara-gara tampilan template yang baru.
      Template MyExtraNews yang dihadirkan di blog ini juga suka muncul seperti itu kalau mau diedit, tadi mau saya edit Menu bar-nya sebagai percobaan di blog percobaan saya.

      Hapus
    2. yg saya dapati malah kalau salah edit kita sekarang dpt peringatan jelas dan ditunjukan pd baris ke berapa Mas Indra. tulisan div-nya berwarna merah kalau keliru, kalau tertutup dgn benar tulisannya ijo.

      Hapus
  3. pilihan format template itu semacam minify gitu ya minify html,css or JS.. :-?

    BalasHapus
  4. kayaknya cuma untuk yang pakai bahasa inggris. soalnya saya pakai yang bahasa indonesia tampilannya masih yang lama. ga ada perubahan b-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai bahasa indonesia.. tampilanya pun baru seperti gambar diatas.,., :d

      Hapus
    2. sepertinya saya yang salah. tadi setelah logout kemudian login lagi menggunakan bahasa indonesia sudah berubah tampilannya :)

      Hapus
  5. hahaha, bener banget sob,walaupun saat pertama kaget ngeliatnya tapi lama lama jadi seperti biasa lagi..hehehe

    kunjungan perdana sobat . mampir ya k blogku !!

    BalasHapus
  6. Jadi susah pake F3 ~.~ adakah cara untuk mengembalikan tampilannya seperti sebelumnya?

    BalasHapus
  7. bagaimana membuat loadmore seperi blog mkr site ini ? b-(

    BalasHapus
  8. Tampilam Sekarang Gak bisa Diedit cssnya

    harus download template lengkap dulu

    udah gitu kalo edit di notepad cssnya berantakan :D

    BalasHapus
  9. om, susah bener yah ngehubungin om satank?
    ;-(
    ane mau beli template yang maxxi om,...
    ane udah ym, email, koment, blm ada kbr.
    @-)
    mohon bantuan nya om,...
    :>)

    BalasHapus
  10. Mohon informasinya. Saya tidak bisa edit template blog saya karena setiap kali saya klik Template hasilnya blank (putih)dan Proses Memuat Terus, lumayan lama tidak muncul apa-apa, kira-kira kenapa bisa seperti itu ya gan ???.. Mohon Pendapatnya Agan-agan ,,,

    http://www.adadeny.com/
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh klo baru klik Template sudah loading..
      saya juga tidak tahu solusinya..
      tapi menurut saya mungkin ada script yang konflik dgn blogger..
      jika bnar karna script, cara menghilangkannya pasti susah karena baru mengklik Template sudah terjadi error..

      Hapus
  11. iya benar sobat...saya baru tahu update blogger mengenai editor templatenya yang terbaru pada saat saya akan mengedit.....sepertinya blogger akan memberikan beberapa kejutan pada penggunannya dalam tahun ini :-)

    BalasHapus
  12. Om Satank, dlm waktu hampir bersamaan, Google+ juga keluarin kotak komentar baru. Adakah sudah mencoba? Saya coba ganti komentar ber-icon lucu punya Om dgn format komentar yang baru itu berhasil, tapi yakin yg saya hapus itu salah karena di sana masih ada tulisan No Comment. Saya tunggu template selanjut-nya yg memakai Google comment yg baru Om. Trims.


    BalasHapus
    Balasan
    1. belum coba..
      nanti saya coba implementasikan dengan template yg baru..

      Hapus
    2. baru2 ini saya mencobanya..
      skarang sudah saya pasang di IVYthemes..
      nanti saya tuliskan bagaimana cara memasangnya ditemplate2 yg telah saya buat..
      tanpa harus membuang thread comment sebelumnya..

      Hapus
    3. Template yg mana yg sudah Google+ Comment di Ivy? :-?

      Hapus
    4. maksud saya ivythemes nya yg pake google comment..

      Hapus
  13. Yesss. :)) Terima kasih Om sebelumnya. x-)

    BalasHapus
  14. edan gan template blognya mantaff banget, template saya meski edit sendiri tapi amburadul nggak jelas, nggak bisa ngebuat sampe seindah ini hehe...

    kapan kapan mampir ya ke blog amburadul saya xD:
    damzaky.blogspot.com

    BalasHapus
  15. kk, kenapa ya template RBsimple stop respon scrip kalo di pasang random post di footer :-? :-? :-?

    BalasHapus
  16. Tampilan edit HTML blogspot sekarang lebih mudah digunakan. Akan tetapi, butuh penyesuaian agar terbiasa dengan tambahan fitur yang disediakan pada edit HTML ini.

    BalasHapus
  17. Enak yah kalo jadi orang pinter, bissa edit Template dengan mudah untuk tampilan baru ini, tapi ane masih gak bisa,...


    #BUDEG alias BINGGUNG.

    BalasHapus
  18. wew... ahli coding pada ngumpul di sini rupanya,. mau nanya mas bro, template yg di pasang blog ini keren banget y,. support buat IE gak..?

    BalasHapus
  19. kita juga punya nih artikel mengenai 'Editor', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2339/1/02-01-013.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  20. such a nice template... ty. :)

    also try this one. http://goo.gl/odUjqS

    BalasHapus
  21. makin top dan semangat memelihat blogspot gan

    salam kenal ya.. :)
    dan (h) untuk blog ini

    BalasHapus
  22. Makasih gan info nya,, saya nubi dan pengguna template dari ivythemes.com
    Salam kenal...

    BalasHapus
  23. buat sekarang sih agak rumit bagi saya ,beda dengan editor dulu ,tapi sekarang udah lebih mudah membatasi gitu ,klo bisa beradaptasi ya bkalan mudah....

    BalasHapus
  24. makin nyaman buat codingnya jd langsung preview biar kelihatan dimana salahnya..

    BalasHapus
  25. Produk yang Kami tawarkan semuanya aslyOriginal,
    Ada Garansi Resmi Distributor dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.dan Buruan belanja dan dapatkan promo dari kami untuk semua produk kami.Dijual> BlackBerry> Nokia> Samsung> Apple> Acer> Dell> Nikon. beminat hub/sms 0857-3103-0120 atau klik website resmi kami http:/Citra-shopelektroniik.blogspot.com

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Nokia Lumia 800 MORE PICTURES
    Ready Stock !
    Nokia Lumia 800 - Matt Black
    Rp.1.700.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia-710-white
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock ! Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSMRp.450.000,-

    Nokia Lumia 710 T-Mobile MORE PICTURES
    Ready Stock !
    Nokia Lumia 710 - Black
    Rp. 900.000,-
    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
    Rp.700.000

    Ready Stock !
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue
    Rp 1.700.000

    Acer Aspire One AOD270 10.1" Netbook
    Ready Stock !
    Acer Aspire One AOD270 10.1
    Rp. 1.000.000,-

    Acer TravelMate TM8481-2462G32 14" Notebook
    Ready Stock !
    Acer TravelMate TM8481-2462G32
    Rp. 1.400.000


    Ready Stock !
    Acer ICONIA Tab W500 10.1" Tablets Notebook
    Rp. 1.100.000,-

    Ready Stock !
    Nikon D7000 kit 18-105mmRp.1.700.000

    Ready Stock !
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix L 120 Red
    Rp. 900.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix P 500 Black
    Rp 1.000.000 Ready Stock !

    BalasHapus
  26. makin gampang aja ya buat ngedit templateya :D

    www.roqrockie.com

    BalasHapus
  27. semakin banyaknya fitur baru yang ada pada blogger ini mungkin menjadi salah satu bukti keseriusan google agar dapat menjadi nomor satu dalam penggunaan blog di dunia. thiet ke nha

    BalasHapus
  28. This is also a very good post which I really enjoyed reading. Thanks a lot for sharing.
    vinhomes tan cang
    metropolis thao dien
    dai quang minh

    BalasHapus
  29. Sekarang editor HTMLnya memang beda.. Saya juga baru tahu... dan makasih postinganya membantu saya yang gemar otak-atik HTML juga

    BalasHapus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

NB: Jangan menuliskan link aktif karena akan terhapus secara automatis.

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah

 
Design by MKR Copyright © 2012 ~ 2013 Powered by Blogger
TOP